Letak arsitektur gunung rinjani

Letak arsitektur gunung rinjani2Letak gunung rinjani – Gunung Rinjani yang tingginya 3,726 meter di atas permukaan laut. gununq ketiga tertinggi di Indonesia tampak mendominasi topografi kepulauan ini.

Letak gunung rinjani

Letak arsitektur gunung rinjaniTak aneh bila arsitektur di Lombok  berakibat pada bentuk Rinjani. Yang paling  jelas tampak adalah Taman Narmada yang dibangun dengan konstruksi pola Gunung
Rinjani dan Segara (danau) Anakan.

Rumah penduduk asli yang lumbung padinya lebih mernperhatikan soal fungsi. Gayanya khas. terutama lumbungnya yang lonjong dengan atap alang alang. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu dan lantai berplester seadanya. Namun kini. tak mudah lagi menemukan rumah asli dan lumbung padi ini. Hanya ada beberapa desa yang masih mempertahankan rumah adat mereka dan sekaligus membukanya untuk kunjungan wisatawan umum.

Sebagai pulau yang dijuluki sebagai “Pulau Seribu Masjid”. Maka deretan bangunan masjidnya pun bisa diamati sepanjang jalan mengelilingi Lombok. terutama ke arah Lombok Timur. Selain itu. terdapat juga beberapa bangunan pula yang menggabungkan desain Hindu Bali dengan gaya Sasak yang bernuansakan Islam.
Pura Lingsar adalah salah satunya. Lagi-lagi satu contoh damai dan kerukunan hidup beragama yang terpelihara sejak dulu di pulau indah ini. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.