Objek wisata Bromo Tengger Semeru

Objek wisata Bromo Tengger Semeru

Objek wisata Bromo Tengger Semeru – Kecewa lantaran gagal mencapai puncak impian Semeru, mungkin kejadian yang banyak dialami para pendaki. Namun, baiknya jangan dulu bermuram durja. Seperti kata pepatah: “Banyak jalan menuju Roma”, banyak petualangan seru lain yang bisa dijalani di kawasan ini.

Puncak Semeru bukanlah satu-satunya tujuan bila Anda menikmati suasana di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru. Karena sesungguhnya, masih ada alternatif lain di region ini yang tak kalah seru untuk dikunjungi.

Kawasan Bromo Tengger Semeru merupakan sebuah taman nasional yang dijadikan daerah tujuan wisata oleh Pemerintah Daerah Jawa Timur. Terletak di perbatasan antara Malang dan Lumajang, Jawa Timur, wilayah ini telah menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Apalagi sekarang. Perjalanan menuju ke area ini terasa lebih mudah dan singkat berkat adanya 2 maskapai penerbangan yang telah melayani rute Jakarta – Malang.

Objek wisata Bromo Tengger Semeru

Mendaki Gunung Semeru

Gunung Scmeru adalah tujuan utama yang dibidik oleh banyak pendaki di Nusantara. Dengan tinggi 3.676 meter dan muka laut, gunung yang sering disebut Mahameru ini adalah gunung api tertinggi dan teraktif di Jawa. Setiap 20 menit sekali, puncaknya memuntahkan abu vulkanik yang berwarna abu-abu hitam ke udara.

Untuk mendaki Semeru, para pendaki biasanya memulai dan sebuah desa mungil, Ranu Pani. Desa ini bisa dicapai dan 2 kota yang berbeda yakni, Malang dan Probolinggo. Rute Malang- Ranu Pani adalah rute yang paling ramai dan banyak dipilih oleh para pendaki. Dan kota yang sejuk ini, arahkan perjalanan ke Tumpang. Setelah menempuh perjalanan dengan jip selama 4 sampai 5 jam, Anda akan tibadi tujuan. Sedangkan untuk rute Probolinggo,Anda harus menuju Bromo atau Ngadisari. Kemudian, Anda harus mengggunakan jip dan melewati gurun pasir Bromo selama 2 sampai 3 jam.

Ranu Pani memiliki fasilitas bagi para wisatawan atau pendaki gunung seperti pondok pendakian, penelitian dan pusat informasi. Rumah makan dan toko souvenir juga ada di dusun ini. Buat Anda yang membutuhkan jasa porter, Anda juga bisa mencarinya di desa ini. Salah seorang yang biasa membantu adalah Bapak Joko Glemboh.

Dan Dusun Ranu Pani yang damai, pendakian dimulai dengan menyusuri jalan aspal. Setelah, gerbang masuk jalur akan menanjak dan tak jarang batang-batang pohon yang tumbang bakal mengasah keseimbangan. Bila cuaca cerah, Samudera Indonesia akan nampak dan wajib diabadikan oleh kamera Anda. Sekitar 4 sampai 5 jam kemudian dan setelah beberapa kali berpindah punggungan gunung, Anda akan menjumpai sebuah danau lagi yaitu, Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo, Surga Alam Dunia

objek wisata bromo tengger semeru - Ranu Kumbolo

Danau yang berada di ketinggian 2.390 meter dan seluas 12 ha ini adalah lokasi beristirahat atau berkemah. Tanahnya yang datar dan sumber air yang melimpah serta pemandangan yang memukau Iaksana surga adalah komposisi sempurna sebagai lokasi camping ideal plus “nyaman”. Selain kaya akan ikan, padang rumputnya yang terhampar luas juga sering menjadi arena upacara peringatan han kemerdekaan oleh ratusan pendaki setiap tahunnya. Banyak pendaki yang enggan untuk turun ke peradaban setelah sampai di sini.

Dari Ranu Kumbolo, pendakian bisa dilanjutkan menuju puncak. Tahap inilah yang biasanya paling menentukan bagi setiap pendaki apakah bisa mencapai puncak atau tidak. Karena selain medan yang makin curam, cuaca pun makin extrem. Belum lagi, medan pasir yang terhampar di sekitar puncak Mahameru. Inilah tantangan terberat terakhir yang hams dilalui. Buat yang sukses menggapai puncak, jelas akan bergembira. Tapi, buat yang gagal, kecewa sudahlah pasti. Walaupun harus kembali, jangan khawatir karena masih ada pesona lain yang bisa membayar kegagalan Anda.

Bromo Yang Selalu Memikat

Objek wisata Bromo Tengger Semeru-gunung bromo

Dibandingkan Gunung Semeru, mendaki Gunung Bromo lebih mudah. Selain lebih rendah, di sini telah tersedia 249 buah anak tangga yang bisa Anda tapaki. Dengan begitu, Anda pun tidak lagi harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menuju puncaknya.

Incoming search terms:

  • gunung bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published.