Objek Wisata Menawan di Dieng Wonosobo

5 Tempat Wisata Paling Menawan di Dieng  Wonosobo Objek Wisata di Dieng – Dataran Tinggi Dieng mempunyai beberapa pesona wisata yang menawan, terdapat beberapa objek menarik yang bisa Anda nikmati disana. Tetapi, diantara seluruhnya itu, di bawah ini yaitu beberapa landmark wisata Dieng paling memikat yang pantas Anda kenali.

Objek Wisata Dieng Wonosobo

  1. Candi di Dataran Tinggi Dieng

Di Dataran Tinggi Dieng, candi-candi Hindu yang menyebar disana diberi nama sesuai sama nama tokoh-tokoh dalam epik Mahabharata yang populer itu. Ada Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dsb.

Seni arsitektur candi mengambil bangunan candi yang ada di India. Hal semacam ini bisa tampak dari arca-arca yang menghiasi segi bangunan candi, salah satunya Mahakala, Nandi Swara, Durga Mahesasura Mardini, Ganesa, serta Agastya. Dua bangunan candi yang bisa dibanding yaitu Candi Arjuna yang serupa dengan Candi Bhintargaon di India dan Candi Semar yang serupa dengan Candi Parasurameswara (India) dengan bentuk Mandapa.

  1. Bukit Sikunir Dieng

Di bukit inilah keindahan sunrise (matahari terbit) paling memikat bisa Anda jumpai di lokasi wisata Dieng. Bukit Sikunir ada pada ketinggian seputar 2. 200 m dpl, terdapat di arah selatan lokasi Dieng, dengan cara administratif ada di Desa Sembungan, suatu desa yang ada di permukaan paling tinggi di semua Pulau Jawa.

Pesona warna oranye dari matahari yang terbit di lokasi ini demikian indah tampak. Warna oranye itu seperti warna kunyit hingga bikin orang-orang lokal berikan nama bukit itu dengan sikunir, datang dari bhs Jawa yakni kunir, yang berarti kunyit.

  1. Telaga Warna Dieng

Di lokasi wisata Dieng, ada suatu telaga yang menyuguhkan fenomena alam yang demikian indah, yaitu perubahan warna air dari telaga itu. Inilah Telaga Warna Dieng, suatu landmark memikat yang bisa Anda jumpai di Kabupaten Wonosobo. Anda bisa menyusuri tepian telaga ini, juga ada balkon kecil juga sebagai tempat duduk bersantai nikmati keindahan alam yang ada disana.

Bila Anda tertarik melihat keindahan Telaga Warna Dieng dengan cara utuh, Anda bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga itu. Di ketinggian itu, Anda bakal menjumpai keindahan telaga dengan warna-warni yang demikian menawan hati, dengan gradasi warna yang memikat.

Air di telaga ini kadang-kadang berwarna hijau serta kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Hal semacam ini berlangsung lantaran di di air itu ada kandungan sulfur cukup tinggi hingga saat cahaya matahari mengenainya, jadi warna air telaga terlihat berwarna warni. Dibagian tengah telaga ini, Anda bisa melihat letupan air mendidih seperti yang ada di Kawah Putih Ciwidey Bandung.

  1. Telaga Cebong Dieng

Inilah telaga diatas awan, suatu telaga yang ada di ketinggian 2. 300 m dpl, terdapat di Desa Sembungan. Telaga Cebong yaitu serasi alam yang indah yang bisa Anda jumpai di lokasi wisata Dieng di Wonosobo. Anda bahkan juga bisa berkemah di lokasi telaga ini.

Warna langit yang biru berpadu dengan hijaunya perbukitan yang memantul pada permukaan telaga yang tenang serta jernih. Ditempat ini, Anda bakal rasakan keindahan alam yang demikian menawan serta hawa pegunungan yang beri kesegaran. Menaiki perahu serta mengelilingi telaga ini yaitu langkah paling baik untuk rasakan pesona alam yang dipunyai telaga diatas awan itu. Sempatkah terbayang oleh Anda berperahu diatas gunung?

Air di telaga ini tak bercampur dengan belerang, oleh karenanya warnanya jernih serta bersih. Mempunyai kedalaman 2 – 4 mtr., Anda bahkan juga bisa memancing di Telaga Cebong ini. Biasanya, beberapa penikmat perjalanan yang datang ke lokasi wisata Dieng terlebih dulu nikmati sunrise di Bukit Sikunir Dieng saat sebelum berkunjung ke Telaga Cebong.

  1. Sumur Jalatunda

Terdapat di arah paling barat lokasi wisata Dieng, tepatnya terdapat di Desa Wisata Pekasiran, Sumur Jalatunda mempunyai sebagian versus narasi asal muasal sumur. Menurut anggapan ilmiah, sumur berwarna hijau pekat berdiameter seputar 90 mtr. ini yaitu suatu kepundan yang terbentuk disebabkan letusan gunung api jutaan th. lantas. Sesaat, ada mitos yang mengatakan bahwa jaman dulu ada seseorang putri cantik jelita yang suka kenakan pakaian serba putih, tetapi berperangai jahat. Putri cantik ini kerap meminta tumbal pada orang-orang seputar untuk dikorbankan serta ditenggelamkan di sumur ini.

Agar bisa hingga di sumur ini, Anda mesti melalui 257 anak tangga. Waktu hingga di anak tangga paling akhir, Anda bakal lihat tumpukan batu kerikil yang terhampar beralaskan karung beras. Menurut kepercayaan orang-orang lokal, mereka yang dapat melempar batu kerikil ke sumur sejauh jarak spesifik bakal memperoleh keberuntungan serta terkabul kemauan dan hasratnya. Inilah karena batu kerikil ditempat ini menaikkan kekhasan serta jadi daya tarik untuk beberapa wisatawan untuk mengunjunginya.

Namun, batu yang dipakai untuk melempar keberuntungan yaitu batu yang perlu dibeli dari anak-anak Dieng di tempat sumur ini, yakni batu kerikil beralas karung ala kandungannya di ujung anak tangga. Anda cuma mesti keluarkan cost Rp 500 untuk batu kerikil itu.

Langkah paling baik agar bisa tiba di lokasi wisata Dieng yaitu dari kota Wonosobo, Banjarnegara, atau dari Pekalongan. Bila Anda mau berkunjung ke obyek wisata Wonosobo paling populer ini, Anda bisa pilih sebagian rute transportasi dibawah ini yang paling pas untuk Anda.

a) Jogja – Wisata Dieng

Rute perjalanan yaitu Jogja – Sleman – Tempel – Muntilan – Magelang – Wonosobo – Dieng

Perjalanan sejauh 120 km, saat tempuh 3, 5 jam.

b) Magelang – Wisata Dieng

Rute perjalanan yaitu Magelang – Secang – Rekanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng

Perjalanan sejauh 65 km, saat tempuh 2 jam.

c) Solo – Wisata Dieng

Rute perjalanan yaitu Solo – Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Rekanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng

Perjalanan sejauh 180 km, saat tempuh 6 jam.

d) Semarang – Wisata Dieng

Rute perjalanan yaitu Semarang – Unggaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Rekanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng

Perjalanan sejauh 120 km, saat tempuh 3, 5 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.