Obyek wisata kota blitar

obyek wisata kota blitar - candi panataran

Kota Blitar

Wisata kota blitar – Kota Blitar Kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Kediri di utara, Kabupaten Malang di barat, Kabupaten Tulungagung di timur, serta Samudera Hindia di selatan ini memang kaya sejarah. Tak hanya Bung Karno saja yang langkahnya berawal dari sini, melainkan juga riwayat kerajaan-kerajaan besar di Indonesia. di antaranya Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri dan Kerajaan Singosali, yang wilayah kekuasaannya kurang lebih berada di seputaran kawasan ini. Peninggalan luhur periode keemasan inilah yang kini bisa dinikmati wisatawan setiap tahunnya, berupa candi terbesar di Jawa Timur yakni Candi Penataran.

Wisata kota blitar

Makam, Perpustakaan dan Museum Bung Karno

obyek wisata kota blitar - perpustakaan dan museum bung karno

Makam Ir. Soekarno, terletak di Kelurahan Bendogerit. Di sini, Bung Karno dikebumikan bersama kedua orang tuanya. Pemerintah Daerah Blitar bersama Pemerintah RI menggagas perkembangan areal pemakaman yang dulunya makam Pahlawan ini menjadi sebuah ziarah dan wisata sejarah tentang Bung Karno. Tepat setelah memasuki pintu gerbang, di sebelah kiri Anda akan menemui makam beliau. Sedangkan di sebelah kanannya terdapat museum dan perpustakaan. Setiap hari, rata-rata 1.000 orang wisatawan datang berziarah ke sini.

Kunjungi pula Museum dan Perpustakaan Bung Karno. Di sini, Anda bisa melihat arsip pidato Bung Karno beserta foto dan kiprahnya saat membawa bangsa Indonesia menyambut kemerdekaan. Gedung pelengkap makam Bung Karno ini diresmikan oleh mantan Presiden RI kelima, yakni Megawati Soekarnoputri.

Untuk mencapai tempat wisata ini sebenamya amat mudah karena rambu jalan yang sudah cukup jelas dan memudahkan Anda untuk mengarahkan kendaraan tanpa perlu salah arah. Tapi jika Anda berpergian dengan kendaraan urrun. Mulailah dari terminal bis Blitar menuju terminal lama dengan bis kecil. kemudian lanjutkan dengan angkot ke makam Bung Karno. Dari Surabaya. makam ini dapat ditempuh dalam tempo 1 jam. Sedangkan dari Malang, Anda cukup berkendara selama sekitar 2 jam.

Candi Penataran

obyek wisata kota blitar - candi panataran

Candi Penataran Berlokasi di Desa Penataran. Kecanratan Nglegok. Kabupaten Blitar. Candi Penataran adalah peninggalan Kerajaan Majapahit yang bersifat Hinduistis dan. menurut catatan sejarah. merupakan candi yang terbesar di Jawa Timur. Candi Penataran merupakan tujuan wisata nomor dua untuk wilayah Blitar yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, rombongan anak-anak sekolah maupun keluarga.

Pembangunan seluruh kompleks percandian konon memakan waktu kurang lebih 2-50 tahun (mulai abad ke-11 sampai dengan abad ke-14). Candi Penataran kemudian diresmikan oleh Raja Jayanegara dari Majapahit tahun 1309 – 1328. Kini, Anda dapat menikmati kompleks candi yang terdiri atas Bale Agung, Pendodo Teras, Candi Angka Tahunn dan Candi Induk

Jalan raya beraspal menuju kawasan wisata yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya ini sangat mulus dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis angkutan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan mengikuti jalan ke luar kota dari makam Bung Karno ke Candi Penataran, atau dengan bis kecil atau becak dari terminal Blitar. lalu turun di terminal lama kemudian dilanjutkan naik angkot jurusan Penataran. Dari Surabaya. candi ini berjarak sekitar 25-5 km atau kira-kira, 1 jam perjalanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.