Pantai Sawarna

pantai sawarnaPantai Sawarna – Jika membicarakan tentang keindahan wisata pantai, maka dengan cepat anda akan terngiang oleh keindahan Pantai Kuta di Bali dan beberapa wisata pantai lainnya yang lebih dulu dikenal.
Kini hadir primadona baru pantai indah tak jauh dari ibukota Jakarta yang terletak di Provinsi Banten.

Lokasi Pantai Sawarna

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Sawarna, pantai ini terletak di Desa Sawarna. Untuk mencapai Pantai Sawarna dengan memakai kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur timur, yakni : Tol Jagorawi, Ciawi, Cibadak, Pelabuhan Ratu, Sawarna. Berkendaralah siang hari lantaran di lokasi-lokasi belum ada lampu jalanan serta ada juga sebagian jalan yang kondisinya

Wisata Pantai Sawarna

Menariknya di Desa Sawarna ini tidak hanya satu tempat wisata yang bisa anda jelajahi. Obyek-obyek wisata di Desa ini terdapat pula Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Monitor, Pantai Karang Taraje, Goa Lalay, Gua Seribu Candi, Rimba Lindung Pantai Cipamadangan, serta Jembatan Gantung Sungai Sawarna. Anda akan membutuhkan waktu lebih dari sehari jika ingin mengeksplore seluruh tempat wisata di Desa Sawarna ini.

Jembatan Gantung Sungai Sawarna

Jembatan gantung ini sarana penyeberangan Sungai Sawarna yang membelah Desa Sawarna menjadi dua wilayah. Sungai selebar lebih kurang 20 meter jika anda seberangi tentunya akan memberikan sensasi tantangan yang mendebarkan. Untuk menyeberanginya anda tidak perlu khawatir karena jembatan gantung dengan lebar 1.5 meter ini dibangun dengna baik , sehingga sepenuhnya aman untuk anda jajal

Pantai Ciantir

Pantai Ciantir ini panjangnya mencapai 2 km dengan hamparan pasir putih yang menawan dijamin akan membuat anda betah berlama lama di sana. Keunikan Pantai Ciantir ini dibandingkan Pantai Sawarna adalah keberadaan 2 area ombak yang berbeda. Di sini anda penggemar selancar dapat menikmati kekuatan ombak Pantai Ciantir sedangkan di sisi lain area ombak yang tenang juga dapat anda nikmati bersama keluarga untuk sekedar bermain dan berenang dengan aman.
Pantai Tanjung Layar

Tak Jauh dari Pantai Ciantir anda sudah disuguhi Pantai Tanjung Layar. Anda cukup berjalan menyusuri Pantai Ciantir maka sudah mencapai Pantai Tanjung Layar. Penamaan Tanjung Layar diambil dari adanya dua batu karang besar yang menyerupai bentuk layar sebuah kapal. Bagi anda yang ingin mengeksplore Pantai Tanjung Layar ini hendaknya berhati hati karena di pantai berkarang ini juga menjadi tempat bulu babi yang dapat mencederai jika anda menyentuhnya. Jadi hati hati ya…

Pantai Karang Taraje

Pantai ini merupakan gugusan batu karang yang berundak undak sehingga diberi nama Taraje yang diambil dari bahasa tangga yang artinya tangga. Undakan batu karang ini bisa memberi sensasi air terjun kecil jika ombak besar menyapu, air yang tertinggal di batuan karang akan mengalir lakasana air terjun dengan suara gemerisik yang menyejukkan hati

Goa Lalay

Lalay berarti kelelawar dan Sesuai sama namanya, dahulu terdapat beberapa kelelawar yang hidup di goa yang terdapat di kaki Bukit Pasir Tangkil ini. Jika anda ingin menjelajah ke dalam Goa Lalay anda membutuhkan senter karena di dalam sangat gelap
Didalam Goa Lalay mengalirlah suatu anak sungai kecil yang dalamnya kurang lebih sebetis orang dewasa serta cukup licin. Karenanya, kita mesti waspada waktu mengambil langkah. Di kanan-kiri goa, kita bisa lihat panorama stalaktit yang mengagumkan. Konon, didalam Goa Lalay hidup seekor ular yang sangatlah besar.

Goa Seribu Candi

Goa Seribu Candi ini ada di Pantai Langir. Keunikannya, didalam goa yang panjangnya +/- 30 mtr. ini ada stalaktit serta stalagmit yang memiliki bentuk mirip patung/candi. Konon Goa Seribu Candi ini dulunya dipakai untuk tempat bertapa.

Hutan Lindung Pantai Cipamadangan

Di kawasan Pantai Sawarna ini juga terdapat hutan lindung yang dipenuhi oleh pohon Jati yang di rawat oleh PT.Perhutani sehingga menghadirkan suasana teduh. Diseberang hutan lindung terdapat Pantai Cipamadangan yang penuh dengan formasi karang serta ada sebuah batu karang besar yang menjorok ke laut yang disebut oleh masyarakat sebagai Karang Bokor dengan tinggi 15 meter dan luas mencapai 50 meter persegi.

Potensi Terpendam yang Butuh Perhatian

Karena kekhasan serta keindahan alamnya, tidak heran apabila Desa Sawarna mulai jadi primadona untuk beberapa wisatawan. Cuma saja, sampai saat ini Desa Sawarna belum terlampau memperoleh perhatian dari Dinas Pariwisata. Untuk Anda yang ingin bermalam, di Desa Sawarna cuma ada homestay yang ada di seputar Pantai Sawarna. Bila mau bermalam di hotel, mungkin saja pilihannya yaitu hotel yang terdapat di Pelabuhan Ratu.

Sarana toilet di seputar Pantai Sawarna juga masih tetap minim. Demikian dengan juga pom bensin serta ATM juga masih tetap sedikit susah didapati. Tetapi untuk Anda yang menyukai petualangan, tentu hal semacam ini tidak bakal jadi permasalahan, bukan?

Incoming search terms:

  • pantai sawarna

2 Responses to "Pantai Sawarna"

  1. Pingback: traveller places around West Coffee beans | unaccountablelu85

  2. Pingback: Batam Ocean Tourist | unaccountablelu85

Leave a Reply

Your email address will not be published.