Pulau Menjangan Bali – Wisata Diving di Indonesia

” Heaven ” In Menjangan

Jika Anda hanya mengetahui Pulau Menjangan sebagai salah satu Lokasi menyelam di salah sudut Pulau Bali, sebaiknya menyimak betul tulisan di bawah ini. Ternyata, pulau kecil ini berdiri dalam kolaborasi cerita indah dan kelam.

KONSPIRASI ALAM DAN MANUSIA

Kerusakan demi kerusakan “perhiasan laut” menghantui Pulau Menjangan selama kurang lebih 30 tahun. Terhitung sejak akhir 1970-an hingga sekitar 1998. Ironisnya, ini akibat jangkar kapal-kapal milik penyelam, di samping aksi pemboman yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Sudah barang pasti kejadian ini mengoyak keasrian terumbu karang yang terangkai cantik di perairan ini. Berkembangnya the crown ofthrons, yang merupakan jenis bintang laut pemakan karang, juga diklaim sebagai musuh dalam selimut bagi kelangsungan hidup terumbu karang pada 1997.

Seakan ingin menjadi bagian dari konspirasi, alam pun menunjukkan kekuatannya. Badai EI Nino menerjang kawasan Asia pada 1998. Dampaknya, terjadi perubahan di dasar laut yang mempengaruhi vegetasi terumbu karang, di mana terumbu karang mengalami stres yang mengakibatkan dirinya tidak memiliki warna asli dan menjadi putih. Kondisi ini bisa mengakibatkan matinya terumbu karang.

Uniknya, tragedi El Nino mampu membawa perubahan yang baik. Bagaimana tidak, kawanan terumbu karang yang berada di kedalaman 5-15 meter, mampu memulihkan dirinya sendiri. Ditandai dengan mulai bermunculan kembali warna-warni cantik khas terumbu karang. Selain itu, berbagai hewan laut kembali hadir di perairan. Yang menarik adalah terumbu karang yang berada di sekitar tebing tidak mengalami kerusakan sedikit pun akibat ulah pengeboman maupun badai EI Nino.

 

Pulau Menjangan

YANG CANTIK DI DASAR LAUT

Hingga detik ini perairan Menjangan menjadi kawasan penyelaman terbaik di Bali. Aneka terumbu karang yang tersusun cantik di dinding-dinding laut mampu mencuri hati para penyelam. Tersusun rapi bak puzzle yang tidak dapat dipisahkan. Akan ditemukan pula karang kipas yang cantik dan cerah serta bertekstur lunak. Sungguh pemandangan yang memesona. Terumbu-terumbu karang ini dapat dinikmati mulaidari kedalaman 20-60 m.

Selama penyelaman dijamin tidak akan ada ikan-ikan pelagis yang menghampiri. Kawasan ini memang tidak dialiri arus dingin dari laut lepas. Namun bila penasaran, coba pandang ke arah lautan lepas di sisi lain. Jika beruntung maka akan terlihat pula mamalia Laut seperti paus yang mampir. Arus tenang dan jarak pandang yang baik adalah poin plus yang dimiliki perairan Pulau Menjangan. Dinding yang dipenuhi terumbu
karang dan ribuan ikan terumbu beraneka jenis dan warna bisa dijadikan objek fotografi. Kelucuan ikan badut (clownfish) atau yang lebih terkenal dengan Nemo, ikan yang sering dibilang kembar yakni ikan bendera (banneffish) dan moorish idol, keanggunan ikan bidadari (angelfish), ribuan ikan anthias dan glassfish yang elok atau kemisteriusan dari ikan kelelawar (batfish) bisa Anda abadikan dan menjadi kenangan yang membekas. Tentu saja Anda tidak ingin naik ke darat dengan tangan kosongkan!

THE ANKER WRECK
Pastikan diri Anda memiliki sertiflkat divig, minimal Adu anced Open Water Diuer. Bukan tanpa alasan, The Anker Wreck adalah lokasi diuingpada sebuah kapal yang tenggelam. Asal muasal bangkai kapai karam tersebut tidak pernah diketahui. The Anker Wreck bukan diambil dari nama si kapal, melainkan karena jangkar kapal masih kokoh tertanca pada lantai kawasan dangkal di kedalaman 6-8 m dari permukaan air. Posisi kapalnya sendiri dalam keadaan terbalik dan tergulingke dalam jurang.

Situs The AnkerWreck adalah tempat yang aman bagi penyelam berpengalaman. Diperlukan latihan khusus untuk bisa wreck diuingyang tidak didapati ketika Anda mengambil sertiflkasi diuing Openwater Diuer. Keberadaan bangkai kapal yang mencapai 50 m ini, hanya boleh dicap ai p an adu anc eddiuers yang telah khatam pengetahuan dan teknik dekompresi.

Menjelajah The Anker Wreck dimulai dengan menyusuri rantai kapal yang terjuntai hingga kedalaman 32 m. Jangkar kedua yang telah diselimuti terumbu karang akan ditemui di sini, dengal kondisi dasar berpasir putih. Kontras dengan warna hitam dari bagian pertama kapal yang terdapat di sana.

Saya sarankan Anda untuk menyelam lebih dalam lagi, karena akan menemukan harta karun berupa kanvas tembaga, serakan botol, dan bagian bagian kecil dari kargo kapal yang berupa artefak. Bagian kapal di sisi yang tidak berpasir kini telah ditumbuhi karang gorgonia. Ambil arah lain ketika naik, yaitu sisi dinding sebelah barat, karena terdapat celah-celah di antara karang oue rhangs, dan gua-gua bawah air. Unik!

GARDEN EEL POINT
Situs dlulnglain di Pulau Menjangan adalah Garden Eel Point. Yes, sama seperti namanya, ini adalah tempat ribuan belut-belut kecilyang bermukim di pasir pada dasar laut. Lucunya, belutbelut kecil ini membenamkan setengah badannya ke dalam pasir dan membiarkan bagian lainnya bergoyang terbawa arus. Agak mirip rumput yang bergoyang karena angin. Makanya disebutlah tempat ini Garden Eel Point.

Mulailah menyelam dari ujung barat laut menuju ke arah seIatan dengan menelusuri dinding jurang. Arah selatan berarti menuju ke daratan Bali atau Terusan Menjangan. Kawasan terumbu karang yang terkenal sehat dan cantik di Menjangan ini akanAnda lalui sebelum akhirnya tiba di Garden Eel Point. Aneka ikan-ikan akan Anda temui mewarnai celah celah
dinding terumbu karang.

Biasanya penyelaman akan dimulai dari kedalaman 5-B m. Kemudian turunlah secara perlahan, namun ingat batas maksimalnya 35 m. Sosok-sosok karang kipas gorgonia ukuran raksasa akan “menyapa” Anda berserta long-nose hawk fish yang menghuni sela-sela gorgonia. Jangan panik ketika tibatiba beberapa ikan hiu karang menampakkan keberadaannya. Rombongan ikan seperti barakuda, penyu, dan ikan Napoleon kadang juga ikut “menegor” penyelam yang datang. Teruskan penyelaman hingga tiba di areal belut. Sebelum sampai di garis finish, cobalah menikmati keindahan perhiasan laut di Pulau Menjangan padakedalaman 5 m dengan berbagai ikan unik nan menarik yang menghiasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.