Suku Baduy dalam

Suku Baduy dalam – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa. Keberadaan mereka berkontribusi dalam menciptakan peradaban Indonesia di masa lalu dan membentuk kebudayaan bangsa di masa kini. Dan inilah tujuh suku asli yang membentuk kebudayaan Indonesia di masa kini.

suku baduy dalam

Suku Baduy dalam

Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidar, Provinsi Banten, bermukimlah sebuah kelompok masyarakat bernama suku Baduy. Mereka sering
menyebut dirinya sebagai urang orang Kanekes. Perkampungan Baduy terletak di daerah aliran Sungai Ciujung, di Pegunungan Kendeng, Banten Selatan, dan hanya berjarak sekltar 172 kilometer dari Iakarta. Baduy terbagi atas tiga kelompok, yaitu Tangtu atau Baduy Dalam, Panamping atau Baduy Luar, dan Baduy Dangka.

Masyarakat Baduy Dalam biasanya mengenakan pakaian berwarna putih dengan bawahan berwarna biru tua dan ikat kepala berwarna putih. Sebagian besar masyarakat Baduy Dalam biasanya mendiami Kampung Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik. Ciri khas masyarakat Baduy Luar biasanya mengenakan pakaian dan ikat kepala betwarna hltam.

Sebagian besar dari mereka tersebar di beberapa kampung seperti Cikadu, Kaduketuk, Kadukolot, Gajeboh, Cisagu, dan sebagainya. Untuk masyarakat Baduy Dangka, sebagian besar dari mereka sudah menganut Islam dan bermukim di sekitar Kampung padawaras dan Sirahdayeuh. Pada dasarnya, sebagian besar Suku Baduy merupakan penganut animisme di mana mereka memuja roh leluhur yang  disebut SundaWiwitan.

Inti kepercayaan ini terletak pada ketaatan atau pikulcuh terhadap ketentuan adat. Dengan begitu, mereka pun berharap tidak ada
perubahan signiflkan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu ketentuan adat yang tetap dijalankan Suku Baduy hingga kini adalah hidup sederhana dan terisolasi, tanpa terpengaruh dunia luar.

Masyarakat Baduy Dalam bahkan tidak diperkenankan menggunakan peralatan elektronik dan pakaian modern. Namun, sebagian besar Suku Baduy Luar justru memilih untuk lebih membuka diri dengan menggunakan alat alat elektronik.

Tulisan singkat ini bagian dari 7 tulisan mengenai suku terasing di Indonesia. Silahkan anda kunjungi keseluruhan artikel suku lainnya :

Incoming search terms:

  • tato baduy

Leave a Reply

Your email address will not be published.