Tempat wisata di Australia – The Rock Sydney

Tempat wisata di Australia - the rock sydneyTempat wisata di Australia – Selain mempunyai banyak pantai yang indah, Sydney sebagai kota multikultural ini memiliki 52 suburb (semacam distrik kecamatan). Salah satu suburb yang paling terkenal adalah The Rock. The Rock merupakan sururb tertua di kota Sydney.

Menurut sejarahnya, The Rock merupakan lokasi yang berdekatan dengan pelabuhan yang dihuni oleh para mantan narapidana inggris. Pada tahun 1788, tanah The Rock diklaim oleh narapidana inggris, Ialu mulailah dibangun pemukiman bagi para mantan narapidana di atas bukit yang penuh batu dan pasir.

Kini The Rock menjadi lokasi yang penuh dengan aroma nostalgia masa lalu, karena gedung-gedung lama masih dipertahankan oleh pemerintah setempat. Lokasi yang sangat strategis, berdekatan dengan Sydney Opera House dan dilalui Sydney Harbour Bridge membuat The Rock menjadi salah satu tujuan jalan-jalan wisatawan. Kombinasi bangunan tua dan modern menjadi salah satu ciri khas The Rock. Pecinta fotografi arsitektur akan tergila-gila dengan tempat ini, karena bangunan di The Rock memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan suburb lainnya. Nuansa arsitektur Eropa lama sangat kental di The Rock.

Anda akan menemui banyak sekali turis-turis berusia lanjut. Mereka berjalan kaki mengelilingi The Rock untuk memenuhi hasrat mengenang masa lalu. Beruntung sekali para turis tersebut karena masih bisa melihat dan merasakan sejarah masa lalu di masa modern seperti sekarang ini.

Tempat wisata di Australia

Tempat wisata di Australia - the rock sydney 2

Sembari bernoltalgia, Anda juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di restoran-restoran lama maupun yang baru. The Rock juga mempunyai Friday Market dan Sunday Market (lebih dikenal sebgai Rock Market) yang menyajikan berbagai pernik, kerajinan, oleh-oleh, serta wisata kuliner. Suburb yang berada The Rock juga terkenal dengan gelaran festivalnya. Dalam satu bulan, lebih dari sepuluh festival diselenggarakan di the Rock. Festival yang paling terkenal adalah Vivid Sydney serta Aroma Festival. Kedua festival tersebut mampu menarik wisatawan domestik maupun manca negara secara masif.

Cara paling unik menikmati suasana The Rock adalah menjadi orang lokal, cukup satu hari saja, dengan pendekatan fotografi jalanan. Melakukan kebiasaan orang lokal di The Rock adalah pengalaman tersendiri. Dimulai dengan jogging di pagi hari, dilanjutkan dengan memotret matahari terbit di belakang Sydney Opera House. Anda bisa menyantap sarapan di kafe-kafe yang memiliki arsitektur kuno.

Kemudian memotret di jalan-jalan menyusuri Cahill Walk, Nurse Walk, lalu berteduh dibawah jembatan Sydney Harbour Bridge. Anda juga bisa menikmati suasana malam hari di The Rock dengan mengunjungi pub atau kafe yang menyajikan musik live akustik dengan aliran musik Country. Banyak hal dapat Anda lakukan di sini selain merekam keindahan “nostalgia” yang ditawarkan The Rock.

MENUJU KE SANA

Bisa dikatakan akses menuju the Rock sangat mudah. karena bisa diakses melalui semua moda transportasi di Sydney. Mulai dari bis, kereta serta kapal ferry. Suburb yang berada kurang lebih 2 km dari pusat krota Sydney (City) ini bisa dicapai dengan naik kereta jurusan arah City Circle. dan turun di Circular Quay Stasiun. Bus pun juga banyak pilihan karena sebagian besar metro bus akan berhenti di Circular Quay. Begitu pula dengan kapal ferry. Semua kapal ferry akan berhenti di Circular Quay. Untuk mencapai The Rock cukup jalan kaki 3 menit dari Circular Quay. Dan setelah berada di The rock, moda transportasi paling menyenangkan adalah jalan kaki, karena dengan berjalan kaki Anda bisa bebas melakukan fotografi street (jalanan) dan arsitektur.

TIP HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  • The Rock cocok untuk semua kalangan fotografer, mulai dari penyuka arsitektur, street, serta lanskap. bagi para pecinta lanskap, hendaklah datang sebelum matahari terbit dan jangan lupa bawa tripod serta gunakan lensa sudut lebar. abadikan suasana The Rock saat pagi hari serta memotret Sydney harbour brigde dan sunrise di belakang sydney opera house.
  • Bagi pecinta fotografi street, pagi sampai malam, The Rock akan selalu menarik untuk diabadikan.
  • Pagi atau sore adalah waktu yang tepat unuk mengabadikan arsitektur The Rock. membawa tripod, lensa sudut lebar, dan tele mungkin bisa dilakukan untuk mendapatkan foto terbaik dengan varian yang lengkap, namun disarankan untuk membawa satu kamera dengan satu lensa zoom saja. itu sudah cukup.
  • Esensi dari motret di The Rock adalah menikmati suasana di sana tanpa harus terbebani beban peralatan yang di bawa. beruntung jika mempunyai kamera mirrorless. jangan lupa membawa kacamata dan sun screen cream, karena tingkat uv di sydney sangat extrem.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.