Tempat Wisata di Madura – Pesona Alam Sumenep

Tempat Wisata di Madura - air terjun toroanTempat Wisata di Madura – Sumenep merupakan salah satu kabupaten terjauh di ujung pulau madura. ternyata kota tersebut memiliki beragam gambar yang cukup menarik untuk diabadikan. Jika selama ini Air Terjun Toroan dan Bukit Batu Arosbaya sudah menjadi magnet tersendiri untuk dikunjungi, tidak ada salahnya melirik tempat lain di lokasi ini.

Pantai Lombang

Tempat Wisata di Madura - pantai lombang
Dua puiuh tujuh kilometer dari Kota Sumenep, terdapat satu pantai pasir putih di sisi utara pulau Madura, Pantai Lombang. Pantai ini cukup unik, karena terdapat hutan cemara udang di sepanjang bibir pantai. Carilah spot terbaik di sepanjang bibir pantai. Sementara itu, sepanjang jalan pintu masuk menuju pantai, pohon cemara Udang banyak dikembangbiakan oleh penduduk setempat untuk dijadikan pohon hias.

Hamparan  pasir putih sepanjang 30km menjadi warna tersendiri mengabadikan matahari terbit. pantai ini juga menjadi lokasi yang tepat jika anda ingin mencoba memotret astrophotography. Dari pintu masuk, Anda bisa ke arah timur untuk memotret agar tidak terkena polusi cahaya.

Bukit Kapur Batu Putih

Tempat Wisata di Madura - bukit kapur batu putih
kawasan ini cukup ramai dengan kegiatan, penambangan batu bata putih. bukit kapur putih ini dijadikan tempat  penambangan batu oleh penduduk. setempat. Bahan tambang ini mereka jadikan pengganti batu bata merah untuk bahan tembok atau pondasi rumah, tentunya. Dalam prosesnya mereka menambang dengan berbagai cara mulai dari digali, dipahat, hingga digergaji. Karena lamanya ditambang, bukit ini berubah menjadi barisan bukit kecil-kecil dengan bentuk kotak baik lurus mau pun miring. Tidak seperti pemandangan Arosbaya yang terdapat lengkungan bahkan gua, Batu Putih cenderung linier. Pemandangan disini tetap tidak kalah menarik dengan Arosbaya.

Untuk mencapai Batu Putih, Anda dapat berkendara dengan mobil atau pun sepeda motor selama kurang lebih 1 jam dari kota Sumenep. Untuk memudahkan perjalanan Anda, saat melewati pasar Bulla’an sebagai tanda tidak nyasar, pastikan untuk mengambil jalur kiri, karen jalur kanan sebagian jalan rusak cukup parah. setelah mengambil jalur kiri, anda cukup mengikuti jalur tersebut hingga bertemu dengan kawasan batu putih yang cukup besar di kanan jalan. Sementara, kiri jalan adalah sisi utara pulau madudra, laut.

Tempat Wisata di Madura

Jika tidak ingin memotret aktivitas penambang, minggu adalah waktu terbaik karena kegiatan penambangan tutup, namun masih diperbolehkan melihat-lihat lokasi. ada banyak spot di sepanjang jalan penambangan desa batu putih, namun yang cukup unik adalah satu kawasan yang tidak sebesar Arosbaya dan tidak begitu jauh dari jalan raya, yakni bukit bekas pahatan penambangan batu bata putih. sedangkan untuk lokasi lain anda masih harus menempuhnya dengan berjalan kaki memasuki area penambangan batu putih.

Dari lokasi parkir kendaraan, terdapat satu pos yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sebelum Anda sedikit berjalan kaki dan bukit kapur menyapa. Ada dua pintu masuk, pintu utama yang langsung menuju lokasi atau jalur kiri yang agak tinggi dengan sedikit memutar namun langsung masuk ke tengah. jalur ini biasa anda pilih dari kebalikannya ketika hendak keluar dari lokasi.

Ketika anda sampai di lokasi saat siang, suasana cukup terik. persiapkan topi, atau pun aksesori pakaian lainnya untuk melindungi diri dari terik matahari. pastikan perlengkapan memotret anda sudah siap sebelum dikeluarkan dari tas untuk menghindari datangnya angin karena keadaan sekitar bisa jadi berdebu karena banyak serpihan kapur. pastikan juga untuk tidak lupa membawa air minum yang cukup jika datang di hari minggu karena tidak ada orang yang berjualan. Untuk memotret keunikan bukit batu ini, selami dulu kondisi sekitar, pikirkan ide apa yang akan anda potret: human interest (para penambang) atau kah lanskap? hal ini akan mempengaruhi pengguna lensa nantinya agar tidak gonta-ganti lensa dengan kondisi tersebut. lensa lebar sangat cocok untuk lanskap batu putih dibarengi dengan filter CPL atau pun GND. Bekas penggalian atau penambangan yang tampak seperti alami karena lamanya dieksploitasi berwarna putih dengan corak kehitaman menjadi dinding unik dan eksotis. Terdapat satu tebing yang menjulang sendiri di tengah lokasi dengan genangan air.

Jika anda ingin berkreasi lebih banyak, silakan bermain-main dengan long esposure atau pun distorasi bukit batu Putih. Anda juga bisa membawa lensa zoom atau fixed (bokeh) untuk memotret kehidupan dan aktivitas di sana..

Air Terjun Toroan

Tempat Wisata di Madura - air terjun toroan
jika anda masih memiliki cukup waktu sebelum perjalanan pulang, anda bisa berburu matahari terbebenam di air terjun Pantai Toroan. Perjalanannya sekitar dua setengah jam dari sumenep. Spot terbaik untuk memotret, biasanya berada di bibir partai, sekitar karang di depan air terjun. Usahakan Anda untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun. Saat pasang tiba, air laut dibarengi angin yang cukup kencang akan mengarah ke kita dan mengenai kamera. Oleh karena itu, semakin jauh dari air terjun namun masih di sekitar karang, adalah spot terbaik.

Akan lebih baik jika peralatan memotret Anda sudah water resistance atau water shield baik kamera mau pun lensa karena kondisi basah di sekitar air terjun. Jika tidak, silakan Anda memasang rain coat camera. Pastikan peralatan fotografi dan pengaturan kamera sudah siap sebelum turun menuju lokasi dari perairan. Lensa lebar sudah cukup dipakai untuk menggambarkan Toroan. Siapkan Iap lensa di saku agar mudah pengarnbilannya. Pastikan filter sudah terpasang sebelum pemotretan. Pastikan juga waktu berkunjung adalah di saat bulan baru atau tidak ada bulan untuk menghindari pasang terlalu tinggi. Apabila arus pasang terlalu tinggi, akan menyulitkan pengambilan gambar. Jangan berkecil hati apabila cuaca terlihat mendung. Sebagai alternatif, silakan menunggu hingga matahari sudah tenggelam untuk mendapatkan langit merah.

Usahakan memakai pakaian kasual dan nyaman serta siap berbasah-basahan. Pakailah alas kaki yang nyaman dan anti selip. Karang-karang basah bisa jadi sangat licin saat dipijak. Apabila ada potret kehidupan di sana, Anda bisa mengabadikan foto human interest alat pun menjadikan foto lanskap Anda lebih hidup. Kadang-kadang, ada beberapa anak kecil terjun dari atas air terjun bermain air atau beberapa ibu-ibu sedang mencuci pakaian.

RENCANA PERJALANAN

Perjalanan dari kota surabaya menuju Sumenep cukup jauh, ada baiknya menginap dulu agar tidak capai. Sumenep juga mempunyai kuliner khas. Anda bisa mampir ke rumah makan  17 Agustus di Jalan Jendral Panglima Sudirman milik Bapak Edi Setiawan, budayawan Madura keturunan Tionghoa sekaligus fotografer. Anda bisa berguru tentang fotografi sekaligus meminta saran untuk lokasi pemotretan menarik.

Incoming search terms:

  • batu bata gunung madura

Leave a Reply

Your email address will not be published.