Tempat Wisata di Pulau Madura

EKSOTISME PULAU GARAM

Tempat Wisata di Pulau Madura - pulau garam madura

Tempat Wisata di Pulau Madura – Sebuah pulau kecil di timur laut Pulau Jawa. Di tempat ini, kaum prianya digambarkan sebagai sosok berkumis lebat, selalu menggunakan baju bergaris merah dan hitam, serta bercelana pangsi. Adalah Pulau Madura. Meski terpisah dari Pulau Jawa, Madura masih menjadi bagian Provinsi Jawa Timur dan memiliki empat kabupaten. Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Walau memiliki empat kabupaten, Pulau Madura tidak lebih luas dari Pulau Bali, hanya seluas 5.250 kilometer persegi.

Asal kata Madura sendiri adalah madu oro’ atau madunya bendoro. Bendoro merupakan seorang putri Raja Sanghjangtunggal yang harus dibunuh berdasarkan titah sang raja karena telah mempermalukan Kerajaan Mendangkamula. Lantaran tidak tega, Patih Pranggulang akhirnya menyuruh Bendoro melarikan diri ke pulau yang kini dikenal dengan nama Madura.

Tempat Wisata di Pulau Madura

Dari Pelabuhan Tanjung Perak, Madura sudah tampak jelas di pandangan. Jaraknya memang tidak jauh, hanya sekitar 30 menit menggunakan kapal ferry. Namun itu dulu. Saat ini, menyambangi Pulau Madura sudah jauh lebih mudah sejak dibangunnya Jembatan Suramadu. Jembatan yang membelah Selat Madura ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Nama Madura sudah begitu populer, meski demikian belum bisa menjadikannya destinasi wisata utama. Belum banyak kisah menarik yang mampu memikat hati wisatawan. Namun siapa sangka di pulau penghasil garam ini memiliki alam jelita dan kaya budaya.

KARAPAN SAPI YANG KESOHOR

Tempat Wisata di Pulau Madura - karapan sapi madura

Menyambangi Madura tanpa melihat Karapan Sapi seperti makan sayur tanpa garam. Karapan Sapi memang tidak bisa dilepaskan dari Madura. Balapan sapi ini biasa dilakukan pada hari-hari sebelum atau setelah bulan puasa. Tua, muda, kaya, miskin, pria, maupun wanita tumpah ruah dalam perayaan tahunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Madura ini.

Keseruan selalu tercipta ketika dua ekor sapi yang disatukan pada alat bernama keleles, sebuah kendaraan yang mirip alat pembajak sawah. Berfungsi juga sebagai tempat duduk si joki selama mengendalikan sapi-sapi di arena pacuan.

Kerapan Sapi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Madura, maka dari itu tiap tahunnya pasti digelar pesta rakyat berupa pertandingan balap sapi. Mulai dari tingkat desa hingga bersaing dengan kabupaten lainnya.

Cara bertandingnya cukup unik. Sapi-sapi ini diadu secara bersamaan hingga nantinya muncul pemenang pertama, kedua, dan ketiga. Namun bagi tim yang kalah bukan berarti akhir segalanya. Karena tim-tim yang kalah ini pada akhirnya akan mengikuti balapan lagi hingga keluar tiga pemenang. Bahkan tidak sedikit yang sengaja mengalahagar bisa bertanding lagi di tim yang kalah. Bagi mereka lebih baik menang menjadi yang pertama di tim kalah dari pada hanya ada di Posisi kedua atau ketiga di tim menang. Ini memang menyangkut hadiah yang nantinya akan didapatkan.

WAJIB DIKUNJUNGI

Tempat Wisata di Pulau Madura - vihara avalokitesvara madura

Pecinta arsitektur wajib mengunjungi bangunan ini. Vihara Avalokitesvara, bangunan kuno yang konon telah berdiri selama 250 tahun. Terletak di Desa Candi, pintu gerbang dengan lambang naga besar berwarna merah akan menyambut Pengunjung. Di dalamnya terdapat patung Dewi Kwan Im. Uniknya, di area ini juga terdapat musholla dan pura Hindu Bali.

Bangunan cantik nan megah lainnya adalah Keraton Sumenep. Sebuah mahakarya sejak 7,5 abad lalu. Cukup merogoh kocek seharga Rp 5.000 untuk tiket masuk. Lantaran areanya sangat luas, Pegunjung bisa meminta Pemandu untuk menemani berkeliling sekaligus menceritakan kisah yang tersimpan di dalamnya. Terdapat museum yang menyimpan berbagai benda dari masa keraton dulu. Sayangnya tidak semua tempat dapat dimasuki. Konon hanya orang-orang tertentu yang dapat masuk. Mantan Presiden RI, Gus Dur, pernah menyempatkan diri sholat di ruangan itu.

Ada pula api abadi yang dihasilkan alam menyala di sebuah kawasan berjarak empat kilometer dari Pamekasan. Ketika hujan turun, Api Abadi Dhangka, begitu orang menamakan tempat ini, akan padam dengan sendirinya. Namun apabila tanah digali dan dilubangi maka api akan menyembur kembali.

Untuk destinasi lainnya, layaknya wilayah kepulauan, Madura pun memiiiki beberapa pantai cantik.

Pantai Camplong, terletak 10 km arah timur Kota Sampang salah satunya. Pasir putih terhampar luas di sepanjang bibir pantai. Saat surut, karang-karang pun menyembul. Berbagai sudut fotografi tersaji apik di tempat ini. Tidak ingin hanya bermain di tepi pantainya saja? Anda bisa menyewa perahu untuk digunakan sampai ke tengah laut.

sekian artikel tentang Tempat Wisata di Pulau Madura, semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.