Tempat wisata di pulau seribu

Tempat wisata di pulau seribuTempat wisata di pulau seribu – Jakarta juga punya spot memotret alam. Ya, Jakarta punya kepulauan yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan pelesiran. Kepulauan Seribu menyimpan sejuta pesona, terutama keindahan pulau danjuga bawah lautnya. Salah satu keindahan di sanayang cukup popular adalah Pulau Tidung.

Pulau Tidung merupakan pulau terbesar dalam gugusan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau hunian penduduk ini memiliki luas
sekitar 109 ha dengan populasi sekitar 5ooo jiwa. Nama Pulau Tidung berasal dari kata Tidung yang artinya tempat berlindung, karena pulau ini kabarnya dahulu sering dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dari bajak laut atau perompak. Pulau ini juga dahulu dijadikan basis strategi penyerangan Fatahillah saat menyerbu Poftugis di Malaka.

Pulau Tidung adalah pusat dari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang membawahi tiga, kelurahan (Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Tidung). Pulau Tidung terhampar membujur panjang dari barat ke timur dan menjadi dua bagian, yaitu Tidung Besar & Tidung kecil.

Banyak obyek wisata yang menalik yang dapat Anda sambangi di sini. Landmark dari jajaran pulau Tidung ini adalah Jembatan Cinta. Ini adalah jembatan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Ikon Pulau Tidung ini adalah yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Wisata air juga berpusat di area ini, seperlci bonona boat hingga tempat makan dengan hidangan ikan bakar yang khas.

Tempat wisata di pulau seribu

Pantai Thajung Barat, yang terletak di ujung barat pulau Tidung Besar. Pantai ini masih sepi namun sangat indah untuk diabadikan ketika matahari terbenam. Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Tidung Kecil menggunakan Jembatan Cinta. Pulau Tidung Kecil ini tidak berpenduduk. Pulau ini masih terlihat alami dan hijau dikelilingi pohon kelapa sehingga cocok  digunakan untuk area camping. Jika ke Tidung, Anda juga harus menyempatkan waktu untuk ber-snorkeling di sini. Anda bisa membawa kamera underwater untuk ber-snorkeling dan merekam banyak keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut di Pulau Tidung, Pulau Palung, hingga Pulau Air. Soal kuliner. banyak tempat jajan dan warung makan. Hidangan khasnya adalah ikan bakar dan seafood yang masih segar. Anda juga bisa membeii kudapan untuk oleh khas-khas seperti manisan ceremai. keripik sukun, dan dodol rumput laut. banyak penjualnya.

Pelabuhan bukan tempatnya kapal berlabuh saja. Pelabuhan juga bisa menjadi sasaran obyek memotret yang menarik juga. Misalnya ketika Anda melakukan perjalanan darat di pulau Jawa dan melewati pesisir utara, cobalah mampir ke sejumlah pelabuhan kecil nelayan. Pelabuhan kecil nelayan ini ada di sekitar Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, hingga Jepara dan Rembang, Di sana Anda akan mendapatkan banyak obyek menarik, mulai dari kapal-kapal kayu yang unik dengan warna-waxna cat yang cerah, aktivitas bongkar muat hasil tangkapan laut atau pun barang kiriman,hingga portrait-portrait para nelayan.

Ya, pelabuhan, terutama pelabuhan untuk kapal-kapal tradisional dan kayu kerap memancing fotografer untuk menekan tombol shutter mereka. Untuk di kawasan Jakarta, para pencinta fotografi bisa mengunjungi sebuah pelabuhan tua yang sempat termashyur di dunia: Sunda Kelapa.

Di tempat ini, Anda masih bisa melihat kapal-kapal laut yang terbuat dari kayu (bukan metal) berjajar di anjungan yang air lautnya mulai ditumpuki sampah. Namun kapal-kapal kalu besar itu tetap menawarkan pesona. Bukan sekedar pajangan, bahkan kapal-kapal tersebut tetap beroperasi sebagai kapal kontainer yang mengangkut kayu, semen, dan barang-barang lain untuk pengiriman antarpulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.