Tempat wisata di Sumatera Barat

Lima Puluh Kota

Tempat wisata di Sumatera Barat - lembah harau

Tempat wisata di Sumatera Barat – Nama Kabupaten Lima Puluh Kota mungkin tidak sepopular kota-kota destinasi wisata lainnya yang termasuk dalam Provinsi Sumatera Barat. Namun jika Anda pernah mendengar nama Lembah Harau, di sinilah tempat Anda akan menemukannya.

Jika Anda berkendara melintasi kota dan kabupaten di Sumatera Barat, sudah selayaknya melewati kabupaten ini untuk melihat Lembah Harau yang menawarkan pemandangan indah. Selama perjalanan Anda akan disambut dengan tebing-tebing setinggi ratusan meter yang dihiasi hamparan sawah di bawahnya. Pemandangan alam yang perlu diabadikan.

Transportasi

Kabupaten Lima Puluh Kota dekat dengan Kota Payakumbuh. Spot Lembah Haraunya sendiri hanya berjarak 2 km dari Payakumbuh. Sebaiknya Anda berkendara dengan menyewa mobil atau motor sehingga dapat lebih leluasa mengambil gambar di perjalanan rnenuju Lembah Harau.

Destinasi

Lembah Harau menjadi destinasi yang patut dieksplorasi karena pemandangan tebing tingginya yang berpadu dengan persawahan. Sejatinya, kawasan seluas 270 hektar ini adalah Cagar Alam dan Suaka Margasatwa. Untuk berkeliling di Lembah Harau. Andajuga bisa menyewa sepeda dari penginapan-penginapan yang terletak dalam kawasan ini.

Selain menjadi obiek menarik untuk diabadikan, tebing-tebing ini juga bisa dipanjat. Dengan kemiringan hingga 90 derajat, terdapat sekitar 300 rute panjat tebing di kawasan Lembah Harau. Beranjak dari pemandangan tebing curam granit ini, Anda juga bisa mendapati beberapa air terjun. Salah satunya adalah air terjun Bunta atau juga disebut Sarasah Bunta. Jangan khawatir tentang masalah akomodasi karena terdapat beberapa penginapan di kawasan ini.

Bukittinggi

Tempat wisata di Sumatera Barat - bukittinggi

Selain Padang, Kota Bukittinggi menjadi lokasi popular lainnya yang dikunjungi oleh wisatawan. terutama karena jam gadang yang menjadi ikon di sumatera barat berada di sini. selain itu, kota ini memang memiliki banyak destinasi wisata dan beragam. tidak hanya menawarkan pemandangan indah untuk foto lanska, anda juga dapat memotret street di sini.

Transportasi

bukitinggi berliokasi sekitar 90km dari padang. anda dapat mengendarai mobil dengan waktu tempuh dua jam. anda juga bisa naik bus atau minivan dari padang.

Destinasi

Ngarai sianok menawarkan keindahan alam sumatra dengan lokasi yang terjangkau di tengah kota. jika hanya ingin melihat pemandangan ngarai dari kejauhan, anda bisa menikmatinya dari taman panorama. tapi, anda juga bisa melewati ngarai ini dengan hiking melalui janjang koto gadang, jalan dengan ratusan anak tangga layaknya miniatur tembok cina.

Janjang koto gadang tidak sepi. banyak juga hilir mudik wisatawan yang berkunjung dan banyak warga lokal yang rute kegiatan sehari-hariĀ  mereka melewati tempat tersebut. Jadi, selain memotret pemandangan Ngarai dari sepanjang Janjang Koto Gadang Anda juga bisa memotret warga lokal yang Anda temui selama perjalanan. Selama menempuh perjalanan melewati ratusan anak tangga, Anda akan menemukan sebuah jembatan di mana mengalir sungai kecil yang membentang sepanjang Ngarai Sianok.

Jika ingin memotret street kunjungilah Pasar Atas dan Bawah yang juga satu area dengan Jam Gadang yang ikonik. Pada Minggu pagi atau sore hari, lokasi sekitar Jam Gadang menjadi ramai oleh masyarakat yang beraktivitas. Mulai dari olah raga, berkumpul bersama teman dan keluarga, hingga tempat berkumpulnya komunitas.

Sawahlunto

Tempat wisata di Sumatera Barat - sawahlunto

Tidak banyak yang mengetahui keberadaan kota bersejarah ini. Sawahlunto memiliki sejarah sebagai kota yang memproduksi batu bara melalui tambang batu bara tertutup. Potensi batu bara di sini ditemukan oleh William Hendrik de Greeve pada abad ke-19 dan akhirnya dijadikan pemasok untuk banyak pembangunan di zaman Belanda. Anda akan dibawa ke tahun 1.90o-an untuk menelusuri kisah dari kota kecil penghasil tambang. Meski daya tarik utama adalah sejarah kota dan budaya yang sangat kental, Sawahlunto tetap memberikan pemandangan alam khas Sumatera, terutama pemandangan dari Bukit Polan dan Puncak Cemara

Tansportasi

Terletak sekitar 95 km dari Padang atau 135 km dari Bukittinggi. Selain menggunakan mobil pribadi dan taksi, juga terdapat bus umum serta layanan tur kelompok dari Padang ke Sawahlunto.

Destinasi

Lokasi penambangan batu bara tertutup juga dikenal sebagai Lubang Mbah Suro. Mbah Suro sendiri adalah mandor untuk para pekerja di penambangan. Para pekerja paksa ini adalah tahanan dari berbagai daerah. Kaki mereka diikat dengan rantai selama bekerja di dalam terorvongan bawah tanah sehingga iuga kerap dijuluki ‘Orang Rantai’. Terowongan tambang ini sempat ditutup dan dibuka kembali pada 2007 sebagai objek wisata. Anda dapat mengikuti tur eksplolasi terowongan Mbah Suro bersama pemandu yang akan menceritakan sejarah terowongan ini.

Melengkapi cerita dari terowongan. Anda juga dapat berkunjung ke Museum Goedang Ransum yang menjadi pusat pembuatan makanan bagi para pekerja, Museum Kereta Api di mana kereta Mak Itam menjadi primadona yang mengangkut hasil tambang, hingga Silo yang merupakan menara penyimpanan hasil tambang.

Tanah Datar

Tempat wisata di Sumatera Barat - tanah datar

Sama dengan Kabupaten Lima Puluh Kota, nama Tanah Datar mungkin kurang populer. Tapi Anda mungkin pernah mendengar Istana Basa Pagaruyung. Arsitektur rumah gadang yang sangat kental dengan tanah Surnatera Barat dapat dilihat dari megahnya Istana Pagaruyung. Spot ini sendiri terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar.

Transportasi

Istana Pagaruyung dapat ditempuh dalam jarak sekitar 105 km dari Kota Padang. Selama berkeliling Sumatera Barat, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil sehingga dapat mengunjungi beberapa spot sekaligus dengan Iebih leluasa.

Destinasi

Pagaruyung adalah nama salah satu kerajaan di Sumatera. Pihak kerajaan membangun istana yang diberi nama Istaoa Si Linduang Bulan yang menjadi tempat tinggal keturunan raja, di puncak Bukit Batu Patah. Bukit ini terletak di belakang Istana Pagaruyung yang dibangun sekarang. Telah mengalami kebakaran beberapa kali, istana tersebut tidak dibangun kenbali.

Pada tahun 1974, istana ini kemudian dibuat replikanya yang sekarang menjadi objek wisata. Bangunan ini memiliki tiga tingkat dengan puncak atap setinggi 60 meter yang terbuat dari ijuk. Memang seperti rumah gadang dengan atapnya yang khas, tapi struktur bangunan seperti ini memang hanya dirancang khusus untuk istana.

Pengunjung dapat melihat-lihat ke dalam istana dan mengamati berbagai properti dalam istana. Selain properti yang dipamerkan, Anda juga dapat melihat ukiran-ukiran indah di dinding bagian dalam dan luar istana. Dari Istana Pagaruyung, Anda juga bisa melipir ke Danau Singkarak yang selain lokasinya bersinggungan dengan Kabupaten Solok, juga berbatasan dengan Kabupaten Tanah Datar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.