Tempat wisata di Surabaya yang wajib Anda kunjungi

KENJERAN PARK

Tempat wisata di Surabaya - kenjeran park

Tempat wisata di surabaya – Terletak di timur surabaya, tepatnya di jalan sukolilo, surabaya timur. taman rekreasi yang dulunya bernama Pantai Ria Kenjeran ini memiliki luas 100 hektar. Jadi tidak heran, memang banyak yang bisa ditemukan di sini. Selain bangunan dan ornamen berbau oriental seperti Pagoda dan Patung Buddha, Kenjeran Park juga menawarkan rekreasi keluarga lainnya. Ada Waterpark atau kolam renang, sirkuit balap motor, hingga kolam pancing. Dari sini, juga ada akses ke Pantai Kenjeran melalui Kya-kya seaside. Jalan setapak dengan penjual makanan dan minuman berhiaskan gaya oriental. Juga tersedia playground untuk anak- anak.

Dapat dengan mudah menuju ke sini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Karena lokasinya yang luas, mobil dan motor juga dapat masuk ke area ini sehingga Anda tidak perlu capek berjalan jauh. Untuk mobil, biaya masuknya Rp10.000 untuk mobil, Rp8.000 untuk motor, dan Rp4.000 per orang. Menggunakan angkutan umum juga mudah, anda bisa naik bus damri dan diteruskan dengan angkutan kota. Angkutan kota yang melewati area ini juga banyak.

Tujuam utama wisatawan ke lokasi ini adalah patung buddha catur muka.Terdiri atas tiga bagian, stupa, patung Buddha, dan singgasananya. Patungnya sendiri setinggi 9 meter. Dengan empat sisi wajah, konon patung ini disebut mirip dengan yang ada di Thailand. Material dan pembuat patung juga didatangkan dari sana. Selain patung ini, juga ada Dome of Sky atau Pagoda Tian Tan. Dengan diameter hingga 60 meter, pagoda ini menyerupai Dome of Sky Heaven yang ada di Beijing. Desain dan ornamen pagoda ini dibuat sama dengan yang ada di Beijing. Karena kental dengan spot-spot oriental, juga dapat ditemui Patung Ganesha dan Sanggar Klenteng Agung yang juga jadi daya tarik Kenieran Park.

Banyak pedagang yang menjual makanan di dalam area ini, terutama di area kya-kya Sea Side. Makanan khas yang dapat ditemukan di sini adalah sate kerang, lontong kupang, lontong balap, rawon, sampai rujak cingur.

JEMBATAN SURAMADU

Tempat wisata di Surabaya - JEMBATAN SURAMADU

Jembatan Surabaya-Madura melintang di atas selat madura sepanjang 5.438 meter. Dapat dilalui dengan mobil atau pun kendaraan roda dua. Jembatan yang diresmikan tahun 2OO9 ini terdiri atas tiga bagian. Jalan layang (causeway), jembatan utama (main- bridge), dan jembatan penghubung (approach bridge). Pada malam hari, lampu-lampu di jembatan akan menyala, termasuk lampu yang ada pada ‘menara kembar’ di tengah jembatan. tingginya mencapai 140 meter, dan ini menjadi daya tarik jembatan untuk dipotret. wisata ini menawarkan pengalaman dengan menikmatinya dari kejauhan, dari atas jembatan, atau bahkan, bawah jembatan. saat anda melintasi jembatan ini dan menengok ke arah surabaya, dapat terlihat patung jalasveva jayamahe.

Jarak dari pusat kota Surabaya hingga ke kaki Jembatan Suramadu, sekitar 7-8 km. Selain menggunakan mobil pribadi atau motor, bisa juga menyewa mobil yang khusus mengantarkan Anda melewati jembatan ini. Atau, Anda bisa naik bus dari Terminal Bungurasih, meneruskan perjalanan hingga Madura, atau berhenti di kaki jembatan dari sisi Surabaya.

Anda bisa menikmati Jembatan Suramadu dari kaki jembatan di wilayah Surabaya atau sekalian melewati jembatan ini ke Madura. Jika Anda hanya berada di kaki jembatan, Anda bisa memotret jembatan saat malam hari. Lampu-lampu yang menghiasi menara dan penerang jembatan dapat Anda rekam. Jika ingin merasakan sendiri melewati jembatan ini, cukup dengan menikmati lampu dan suasana saja, karena kendaraan tidak diperbolehkan berhenti. Tapi Anda bisa berkreasi dengan kamera Anda dengan memotret dari dalam mobil yang berjalan. Selain melewati atas jembatan, Anda juga bisa menikmati bagian bawah jembatan dengan menyewa perahu nelayan di sekitar kaki jembatan, atau naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Banyak yang menjual makanan laut di sekitar sini tapi jika Anda benar-benar menyeberang hingga ke Madura, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Madura seperti Soto Madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.