Tempat wisata favorit di Surabaya

Tempat wisata favorit di surabaya – Surabaya sebetulnya bukanlah kota wisata favorit di Indonesia, setidaknya jika dibandingkan Bandung, Jogja, Malang dan lainnya. Julukannya kota Pahlawan karena sejarah heroik arek arek Suroboyo dikala masa kolonial, menjadikannya kota dengan makna yang penting. Mungkin memang lebih tepat menyandang gelar kota Pahlawan dibandingkan dengan kota wisat. Sekalipun demikian ada tempat wisata di Surabaya yang bisa anda jelajahi selagi anda berkunjung di kota ini.

1. Tugu Pahlawan

tempat wisata favorit di surabaya

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan sengaja saya tempatkan dalam urutan pertama sebagai Tempat wisata favorit di Surabaya, sebagai penghargaan atas jasanya bagi republik. Di tempat ini memang anda tidak disuguhkan pemandangan alam yang indah namun ditempat ini anda dapatkan wisata sejarah perjuangan republik. Tugu ini sebagai tonggak pengingat bahwa di tahun 45 terjadi pertempuran dahsyat yang membuat negara kolonialisme menyadari bahwa RI sudah benar benar menjadi negara yang berdaulat.

Tinggu tugu pahlawan ini 41.15 meter yang berbentuk lingga atau paku terbalik disain tugu ini adalah tiang berbentuk lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures dipilih sebagai pengingat tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Inilah tanggal terjadinya peristiwa heroik di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

2. Jembatan Merah

Jembatan-Merah-Surabaya

Jembatan Merah

Satu situs bersejarah lainnya adalah Jembatan Merah

Disinilah tercatat  peristiwa terbunuhnya Brigjend Mallaby ketika terjadi bentrokan setelah mendaratnya pasukan Belanda yang membonceng Sekutu pada tanggal 30 Oktober 1945. Inilah yang menjadi pemicu keluarnya ultimatum pada tanggal 9 November 1945 dari panglima sekutu di Jawa Timur  agar tentara Indonesia meletakan senjata 9 November 1945 kepada para pejuang Indonesia agar meletakkan senjata. Tentu saja ultimatum ini ditolak sehingga terjadilah perang besar pada tanggal 10 November 1945 yang kemudian tanggal tersebut diabadikan menjadi Hari Pahlawan.

Tempat wisata favorit di Surabaya adalah Situs historis perjuangan

3. Pantai Kenjeran

tempat wisata favorit di surabaya

Pantai Kenjeran

Untuk anda penggemar wisata alam di Surabaya ada Pantai Kenjeran yang dapat dijadikan pilihan. Pantai ini tidak bisa dibandingkan dengan wisata pantai tersohor lainnya seperti di Bali, Lombok atau Jogja, karena kontour pantai yang sangat landai dan keberadaanya di kota besar membuat pantai ini tidak cocok untuk berenang. Namun demikian jika anda ingin menikmati bermain air di pantai ini anda dapat melakukannya jauh dari garis pantai.

Menarik bukan ? berenang di pantai tapi bukan di tepi pantai tapi justru jauh dari pantai. Dengan menyewa perahu nelayan yang ada, anda dapat menikmati perairan dangkal yang terdapat jauh dari lepas pantai. Disinilah anda bisa bermain air dengan aman walaupun berada di tengah laut karena adanya area dangkal yang cukup luas. Inilah keunikan wisata pantai Kenjeran yang tidak terdapat di daerah lain.

 

 

 

4. Wisata Edukasi  Museum

tempat wisata favorit di surabaya

Museum Mpu Tantular

Di kota ini terdapat dua museum besar yang bisa anda jadikan alternatif wisata edukasi bersama keluarga. Museum Mpu Tantular adalah instusi lama semenjak jaman kolonial. Terdapat koleksi peninggalan masa prasejarah, peninggalan di masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, serta masa kolonial dengan jumlah mencapai 15.000 buah. Lokasi Museum Mpu Tantular ini ada di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo, tepat berada di Kebun Binatang Surabaya Wonokromo yang sempat dihebohkan dengan kematian berturut koleksi hewannya.

Museum kedua adalah Museum WR Supratman, yang sejatinya adalah bekas kediaman pahlawan nasional yang mengarang lagu kebangsaan Indonesia Raya. Di museum ini anda dapat melihat tulisan asli Lagu kebangsaan kita serta biola legendaris sang pahlawan ini.

 

 

5. Wisata religi makam Sunan Ampel

tempat wisata favorit di surabaya

makam sunan ampel

Makam Sunan Ampel ini menjadi tempat wisata bagi peziarah yang ingin melawat ke makam salah satu sunan yang telah berjasa menyebarkan agama Islam di nusantara. Di daerah ini kerap ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Daerang juga dikenal dengan kampung arab karena banyaknya komunitas keturunan arab yang tinggal di seputaran komplek makam Sunan Ampel.

Beberapa tempat diatas bisa dibilang sebagian tempat wisata favorit di Surabaya, sebagaimana disinggung di awal tulisan ini kota Surabaya bukanlah kota dengan karunia alam yang menawan, namun berjalan jalan di Surabaya juga memiliki nilai sentimentil yang tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.