Tempat wisata kuliner di Solo yang wajib anda kunjungi

Tempat wisata kuliner di solo - bale padi resto

Tempat wisata kuliner di solo yang wajib anda kunjungi

Tempat wisata kuliner di solo – Solo mungkin saja tidak sepopuler saudaranya, Yogyakarta. Tetapi, kota yang sempat juga berjaya dibawah Kesultanan Surakarta ini dapat dibanggakan dalam soal kuliner. Saat berkunjung di Solo ada beberapa Tempat wisata kuliner di Solo yang wajib anda kunjungi tentunya berapa kuliner Jawa dikenal dengan kecenderungannya dengan rasa manis.

Agar tahu ke mana mesti mengambil langkah waktu ada di Solo, simak ikhtisar 10 obyek wisata kuliner di Solo yang perlu dicoba di bawah ini :

1. Timlo Sastro

Bila ke Yogyakarta Anda harus mencicipi gudegTempat wisata kuliner di solo - timlo sastro, Timlo jadi kuliner harus di Solo. Timlo dapat dengan gampang Anda jumpai di semua penjuru Solo, tetapi baiknya Anda bertandang ke ‘legenda’ timlo yakni Timlo Sastro.

Seperti apa sih timlo? Timlo yaitu kuliner sejenis sop kaldu ayam yang diisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo serta daging ayam. Timlo umum disantap berbarengan nasi serta kerupuk kulit. Timlo Sastro adalah salah satu timlo popular mulai sejak th. 1952.

Timlo Sastro terdapat di belakang Pasar Gede Timur, tempat yang gampang dibuka lantaran telah sangatlah popular. Obyek wisata kuliner ini buka sehari-hari mulai jam 6 pagi hingga 3 sore. Satu lagi yang unik yaitu, disini Anda bakal ditemani live music keroncong yang dimainkan oleh grup pengamen yang telah ‘dikontrak’ untuk menghibur pelanggan.

2. Bale Padi Resto

Tempat wisata kuliner di solo - bale padi resto

Nikmati sajian kuliner khas Solo di dalam hamparan sawah hijau bakal jadi pengalaman menarik yang susah Anda lupakan. Semilir angin yang sejuk dapat juga menaikkan kesenangan Anda bersantap serta bersantai berbarengan keluarga. Segalanya ini bisa Anda dapatkan di Bale Padi Resto yang terdapat di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo.

Obyek wisata kuliner ini mempunyai rencana sajian siang serta malam yang tidak sama. Pagi hingga sore, menu yang di sajikan yaitu kuliner tradisional seperti tumis tahu, empal gepuk, oseng tempe pare serta gulai kakap. Untuk malam hari, Anda dapat temukan beragam olahan seafood lezat. Janganlah lupa pesan kelapa muda bakar rempah. Minuman unik ini kombinasi pada kelapa muda bakar yang di sajikan berbarengan air rempah diisi jahe, cengkeh, serai serta kayu manis. Langkah menikmatinya, cukup campur air rempah ini ke batok kelapa.

Bale Padi Resto buka sehari-hari mulai jam 7 pagi hingga 10 malam.

3. Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto atau yang di kenal dTempat wisata kuliner di solo - roehmahkoe restoengan juga Restoran Laras adalah obyek wisata kuliner memiliki nuansa Jawa yang harus Anda kunjungi. Berlokasi di Jalan Radjiman 501, obyek wisata kuliner ini ada satu kompleks dengan penginapan yang juga memiliki nuansa sama.

Menu andalan Roemahkoe Resto yaitu nasi jemblung yang disebut sajian istimewa kerajaan. Nasi jemblung di sajikan berbarengan dengan lidah sapi yang dimasak semur. Langkah penyajiannya juga unik serta cantik, beralaskan daun pisang, nasi dibuat mirip suatu cincin rakasasa, lidah sapi lalu ditempatkan di dalam cincin itu. Juga sebagai penambah enak, nasi ini turut dihiasi sambal terasi, irisan mentimun serta kerupuk kulit.

Untuk minumannya, janganlah lupa pesan cemol yang juga adalah hidangan istimewa kerajaan. cemol terbuat dari air jahe, gula, serai, kelapa muda, kacang tanah sangrai serta irisan roti. Terkecuali hidangan istimewa, Roemahkoe Resto juga mempersiapkan hiburan berbentuk live music saat malam Jumat serta malam minggu.

4. Serabi Notosuman

Di Bandung, jajanan ini di kenal dengan nama suraTempat wisata kuliner di solo - serabi notosumanbi, di Solo namanya berubah dikit jadi serabi. Serabi yang popular yaitu Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin (pada awal mulanya bernama Jalan Notosuman).

Serabi ini tidak sama dengan ada di Bandung. Serabi Notosuman tak disajikan dengan kuah, varian terasa juga cuma ada dua yakni original serta coklat. Walau sekian, jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras serta santan ini terus banyak diminati oleh warga Solo serta wisatawan dari luar kota. Terasa yang gurih sangatlah cocok di nikmati berbarengan teh hangat di sore hari.

5. Galabo Solo

Malam hari serta perut lapar? KunTempat wisata kuliner di solo - galabo solojungi Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan) yang terdapat di Jalan Mayor Sunaryo. Pasar malam ini buka mulai jam 5 sore hingga 5 pagi, sedang pada siang hari, tempat ini berperan juga sebagai jalan raya umum.

Terkecuali jejeran tenda serta bangku, pasar malam ini dapat dilengkapi dengan akses WiFi gratis serta live music juga sebagai hiburan pengunjung. Beragam kuliner khas Solo bisa Anda dapatkan disini seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde dan sebagainya. Sebagian yang popular disini yaitu Sate Kere Yu Rebi serta Susu Fresh Shi Jack.

6. Warung Selat Mbak Lies

Pernah mendengar kuliner bernama selat? Selat Tempat wisata kuliner di solo - warung selat mbak liesini sesungguhnya sejenis salad, tetapi namanya beralih ikuti penyebutan warga lokal. Salah satu obyek wisata kuliner yang menghidangkan menu ini yaitu Warung Selat Mbak Lies yang terdapat di Jalan Serengan 42.

Menu andalan di Warung Selat Mbak Lies ini yaitu selat bestik. Selat bestik adalah kombinasi dari irisan daging sapi, telur pindang, wortel, kentang goreng, buncis, selada, acar mentimun, irisan bawang merah serta mayonaise Jawa. Minuman yang pas untuk temani Anda menyantap selat yaitu es degan. Disini, Anda dapat pilih gula Jawa, gula putih atau syrup juga sebagai pemanis.

Obyek wisata kuliner ini dapat mempunyai dekorasi yang terihat ‘berantakan’ lantaran ada banyak koleksi barang antik seperti keramik kuno yang penuhi tempat makan ini. Yang unik dari Warung Selat Mbak Lies yaitu pelayannya yang kenakan seragam lucu dengan warna mencolok. Obyek wisata kuliner ini buka sehari-hari mulai jam 10 pagi hingga 5 sore.

7. Tengkleng Bu Edi

Bertandang ke Solo, Anda harus mencicipi TTempat wisata kuliner di solo - Tengkleng bu ediengkleng Bu Edi. Tengkleng di kenal juga sebagai makanan orang miskin pada zaman dulu. Hal semacam ini karena tengkleng di buat dari tulang kambing yang tersisa sedikit daging. Tengkleng dimasak dengan dua langkah, memakai santan serta tak. Terasa yang fresh, asam serta gurih jadikan makanan orang miskin ini saat ini banyak diminati serta jadi salah satu kuliner harus cobalah di Solo.

Tengkleng Bu Edi dapat disebut juga sebagai tengkleng paling popular di Solo. Janganlah dipikirkan tempatnya berbentuk restoran besar. Tengkleng Bu Edi bertempat di gapura utara Pasar Klewer serta tak sediakan tempat duduk untuk konsumen lantaran tempatnya yang terbatas. Tetapi janganlah salah, tengkleng ala Bu Edi yang buka tiap-tiap jam 1 siang ini telah mempunyai banyak pengagum serta ludes cuma kurun waktu 3 jam saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.