Wisata kuliner di solo

Wisata kuliner di solo

Timlo Sasatro Balongan
Wisata kuliner di solo – Hidangan ini mungkin menu pertama yang wajib dicoba ketika Anda menginjakkan kaki di kota Solo.Walau mungkin Anda pernah menemukan makanan serupa di tempat lain, timlo Solo tetap memililci perbedaan karena tidak menggunakan soun dan jamur
merang. Timlo yang berisi sosis yang di dalanmya terdapat potongan daging ayam. telur pindang, ati dan rempela ayam, biasa dihidangkan dalam sebuah mangkuk berisi kuah bening yang gurih dan panas. Dalam penyajiannya, timlo biasa disantap bensama nasih putih. Rasanya. . . uenak tenan (bahasa Jawa artinya enak sekali)!

Timlo memang banyak ditawankan oleh gerai-gerai makanan di berbagai sudut kota. Tapi, timlo Sasatno Balongan yang berada di sekitar PasanGede lah yang paling dikenal kenikmatannya. Di sini, seporsi timlo komplet hanya sekitan Rp.9.000,-. Rumah  makan ini juga punya cara penghitungan yang unik di mana pesanan pengunjung tidak dicatat pada kertas atau nota, melainkan dicatat di sebuah papan tulis. Di situlah kita bisa mengetahui berapa nilai yang hams dibayar.

wisata kuliner di solo - Timlo Sasatro Balongan

Sate Buntel Tambak Segaran
Ingin makanan yang bisa mengenyangkan perut? Cicipi sate khas Solo yang dikenal dengan sebutan sate buntel. Dan, salah satu rumah makan sate huntel yang paling terkenal adalah Waning Sate Tambak Seganan yang berdiri di JI. Sutan Syahnir dan telah berjualan sejak tahun 1948. Inilah pelopor penjual sate buntel di Solo.

Sate ini sesungguhnya adalah sejenis sate kambing. Bedanya, daging kambing yang telah dicincang, diberi bawang dan menica itu dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing. lnilah yang menjadi kekhasan dan sate ini. Sebelum disantap. sate dibakan hingga matang di atas bara. Saus kecap dan cabai serta bawang akan menambah kelezatan sate khas Solo in Penyajian sate ini juga cukup unik. Tidak seperti sate umumnya, yang seporsinya benisi 10 tusuk, seporsi sate ini cukup banyak. Kadang bahkan cukup untuk bersantap berdua. Puas, kan?

wisata kuliner di solo - Sate Buntel Tambak Segaran

Nasi Liwet
Nasi liwet mungkin akrab di telinga kita. Namun, Solo punya nasi liwet istimewa yang populer. Bahkan, sejumlah hotel bintang Lima telah memasukkan hidangan ini ke dalam list menunya. Pada dasamya, nasi liwet berasal dan beras. Saat dimasak, beras dicampur dengan santan dan kaldu. Inilah yang membuat nasi ini sangat gunh dan beraroma. Nasi ini biasanya disajikan dengan ayam yang disuwir, sayur labu yang dimasak pedas, telur rebus, kuah santan yang dikentalkan. Kalau suka, Anda juga bisa menambahkan jeroan ayam yang direbus, plus kerupuk. Nasi liwet tidak disajikan dengan piring kaca atau plastik. melainkan dengan pincuk atau wadah dan daun pisang yang melengkapi kekhasan nasi liwet ini. Meski nampak seperti makanan rumahan, tapi rasanya bisa membuat Anda ingin nambah terus, lho!

Bestik bukan terbuat dan daging sapi, melainkan dan lidah sapi atau organ ayam. Untuk ayam, bagian yang dipakai biasanya brutu (bagian belakang, dekat buntut) dan calon telur ayam atau uritan. Bahan-bahan itu selanjutnya ditumis dan setelah masak, disajikan dengan kuah semur yang manis. Penyajiannya pun tak kalah menarik dengan steak. Dengan kentang goreng garnish-nya, wortel beserta dressing-nya yang biasanya disantap bersama kuah daging, membuat menu ini nampak memikat. Bestik tidak disantap sendiri, tapi dengan nasi putih.

Sebenarnya, mencari nasi liwet di Solo adalah sesuatu yang mudah. Maklumlah, makanan ini telah menjadi santapan sehari-hari warga maupun para pelancong. Dan sekian banyaknya penjual yang ada, warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang berlokasi di area Keprabon adalah yang paling populer. Perlu dicatat pula, warung ini hanya melayani pada malam hari.

wisata kuliner di solo - nasi liwet

Bestik Solo
Ada yang bilang, kalau nama makanan khas Solo yang bemama bestik ini berasal dad beefsteak atau steak. Tapi, terlepas dan benar atau tidak, yang jelas be silk Solo telah menjadi sebuah hidangan yang tak coma lezat, tapi juga menjadi kebanggaan warga Solo. Berburu bestik Solo sendiri tergolong mudah. Coba singgah di Harjo Bestik di bilangan Jl. Dr. Rajiman. Atau bisa juga mampir ke restoran Sumber Bestik Pak Darno yang juga telah menjadi favorit.

wisata kuliner di solo - bestik solo

Gudeg Ceker
Solo masih punya “senjata” lain yang tak kalah seru untuk dicicipi, yaitu gudeg ceker. Gudeg mi pada dasamya mirip seperti gudeg yang mungkin telah Anda kenal atau bahkan santap. Namun, sesuai dengan namanya, gudeng mi menggunakan ceker alias kaki ayam sebagai salah satu bahan utamanya. Dengan keterampilan sejak puluhan tahun, ceker diolah menjadi lunak dan lezat. Setelah digoreng kering, ceker lalu dihidangkan bersama gudeg dan nasi putih. Selain itu, banyak pula orang memesan.

wisata kuliner di solo - gudeg ceker

Leave a Reply

Your email address will not be published.