Wisata kuliner makassar yang wajib di coba

Wisata kuliner makassar – Meski ada di tepi pantai, kuliner makassar tidak hanya didominesi oleh olahan hasil laut semata.

Makassar dihuni oleh berbaghai suku berbeda, bugis, mandar,dan makassar dendiri. Belakangan ada banyak pula orang Toraja yang tinggal dan mencari nafkah di kota ini. Ragam suku yang mewarnai kota ini memengaruhi pula variasi masakan yang tersaji di kota yang dijuluki kota Anging Mamiri ini.

Coto Makassar

Wisata kuliner makassar - cotto makassar
Masakan khas suku Makassar ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil ditemani ketupat atau lontong, jeruk nipis, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Untuk isian coto, anda bisa memilih baik daging ataupun jenis jeroan lain yang ingin anda santap. Bisa juga isiannya dicampur.

Kuah kental kecoklatan dari masakan ini memang kental dengan kaldu sapi. Isian coto yang berupa daging dan kawan-kawan terasa hambar. Tapi rasa kuah yang mendominasi bisa menutupi rasa hambar ini.

Saat melongok dapur si empunya, ternyata kuah kental kecoklatan ini didapat dari rendaman daging sapi dengan rempah-rempah. Selain daging sapi, daging kerbau dan kuda juga bisa digunakan sebagai isian coto.

Beberapa lokasi coto makassar yang bisa anda kunjungi, diantaranya Coto Nusantara yang terletak di jalan nusantara dekat benteng Rotterdam. Di jalan perintis kemerdekaan, terdapat cabang Coto Makassar Paraikatte yang berpusat di JIn AP Petta Rani. Bisa juga ke Aroma Coto Gagak di jalan Gagak.

Sop Konro

Wisata kuliner makassar - Sop Konro 2
Masakan yang satu ini adalah salah satu hidangan istimewa khas Bugis. Sajiannya berupa sop iga sapi. belakangan muncul kreasi berupa sop konro bakar. Kalau dibakar konronya akan disajlkan terpisah dari kuah sop. Konro yang dibakar, dibalut dengan bumbu kacang, biasa dihidangkan bersama kuah sup panas, dengan nasi atau ketupat. Tapi kalau Anda ingin merasakan yang asli, anda harus menyicip sop konronya, bukan konro bakar. Berbeda dengan coto yang punya kuah lebih kental, kuah sop konro lebih encer meski tetap punya cita rasa yang nikmat.

Kuahnya benararna coklat kehitaman. Iga yang disajikan biasanya terdiri dari tiga ruas. porsi yang cukup besar. Menurut salah satu penikmat konro, biasanya dulu konro hanya disajikan saat hari raya saja dan menggunakan daging kerbau.

Daging konro lebih punya rasa. Ditingkahi dengan siraman bumbu kacang yang menambah cita rasa. Meski saya sepertinya akan lebih suka jika sambai kacang itu disislhkan sebagai pilihan siraman saja. Selain itu, keempukan daging yang menempel di iga juga akan menjadi nilai plus dari konro ini. Sebab tak semua warung konro punya daging yang empuk. Beberapa warung sop konro yang bisa Anda jelajahi semisal Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang dekat lapangan Karebosi, salah satu warung konro paling terkenal di Makassar.

Pallu Basa

Wisata kuliner makassar - pallu basa
Ini adalah masakan berkuah dan daging sapi lainnya dari Makassar. Bedanya terletak pada rempahrempah yang digunakan untuk meracik kuah. Kalau Konro dan Coto terasa gurih, kuah Pallu basa terasa lebih berani dan ringan. Rasa kuahnya mirip rasa kuah jukut ares, masakan khas Bali.

Disajikan dalam mangkuk kecil, hidangan ini biasa disantap dengan nasi. Kuahnya bening kecoklatan dengan irisan daging sapi didalamnya. Daging sapinya juga terasa gurih. Untuk menambah citarasa taburkan serundeng dan bawang goreng. ruah, biar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan alas, atau telur mentah yang diceplok di atas pallu basa ini. Beberapa lokasi yang terkenal, Pallu Basa di Jalan Serigala dan Jalan Onta, juga Pallu Basa Datu Museng.

Ragam suku yang mewarnai kota ini memengaruhi pula variasi masakan yang tersaji di kota yang dijuluki kota angin mamiri ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.